Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PENGGUNAAN CANVA FOR EDUCATION UNTUK PEMANFAATAN AKUN BELAJAR.ID (Google Workspace for Education)


Dalam menunjang proses belajar mengajar yang menyenangkan dan bermakna, tentunya harus didukung oleh berbagai unsur. Salah satu unsur yang penting dalam menunjang tersebut adalah adanya media pembelajaran.
Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset & Teknologi dalam rangka mendukung proses pembelajaran telah memberikan akses layanan elektronik dengan memberikan akun Google Workspace for for education. Dalam Surat Edaran Nomor 37 Tahun 2020 Tentang Akun Akses Layanan Pembelajaran Bagi Peserta Didik, Pendidik, Dan Tenaga Kependidikan  Dalam rangka menjamin kelancaran proses pembelajaran, memudahkan pendidik dan peserta didik mengakses layanan pembelajaran, dan menindaklanjuti Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Pemanfaatan Data Pokok Pendidikan untuk Akun Akses Layanan Pembelajaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) menyediakan akun akses layanan pembelajaran bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.
Pemanfaatan akun Google Workspace for education salah satunya bisa berkolaborasi menggunakan aplikasi canva.  Mungkin pembaca belum familiar dengan aplikasi canva for education.    
Berikut penulis jelaskan apa itu canva for education?  
Canva adalah satu-satunya platform desain yang dibutuhkan kelas Anda. Kembangkan kreativitas dan keterampilan kolaboratif yang akan bertahan seumur hidup dengan alat bantu tarik dan lepas intuitif kami yang membuat pembelajaran visual dan komunikasi menjadi mudah dan menyenangkan. Alat bantu ini juga tersedia gratis untuk semua guru dan siswa sekolah K-12.
Mulai dari curah pendapat dan lembar kerja hingga presentasi dan poster, seluruh kelas Anda dapat mendesain segalanya, dengan bahan apa pun, bersama-sama. Sebagai platform yang mudah digunakan untuk pembelajaran berbasis proyek, Anda dapat membuat tugas yang menyerupai tantangan yang akan dihadapi siswa dalam kehidupan nyata. Canva juga dioptimalkan untuk Chromebook dan dapat berfungsi penuh di berbagai platform.  Jika Anda dapat membayangkannya, berarti Anda dapat mewujudkannya di Canva Buat presentasi, dekorasi kelas, infografis, lembar kerja, rencana belajar, dan banyak lagi. Lebih dari 420.000 template Lebih dari 75 juta foto stok, video, dan grafis premium yang dapat digunakan secara gratis Lebih dari 3.000 font Publikasikan tugas dan aktivitas untuk siswa Anda Akses konten Anda dari Google Drive, Dropbox, dan Folder Buat desain Anda menarik dengan Bitmoji, Giphy, dan YouTube Bagikan desain Anda melalui Google Classroom, Microsoft Teams, dan Remind.
Ketika kita akan menggunakan Canva For Education  ada beberapa Langkah-langkah yang harus dilakukan agar akun kita disetujui untuk menggunakan Canva For Education secara gratis dengan berbagai layanan yang sangat menarik. 

Yuk Explore
  • Bikin logo di canva
  • Peta pikiran atau mindmap di canva
  • Membuat sertifikat di canva
  • Virtual background zoom melalui canva
  • Buku kenangan dan infografis di canva
  • Membuat CV di canva
  • Membuat header google classroom melalui canva
  • Pemanfaatan media padlet terintegrasi rumah belajar


Berikut penulis jelaskan Langkah-langkahnya: 


1. Cari di google dengan menuliskan canva for education

2. muncul tampilan seperti ini
PEMANFAATAN AKUN BELAJAR.ID (Google Workspace for Education) UNTUK PENGGUNAAN CANVA FOR EDUCATION

3. Setelah itu klik daftar sekarang secara gratis

4. Lalu muncul tampilan seperti ini
PEMANFAATAN AKUN BELAJAR.ID (Google Workspace for Education) UNTUK PENGGUNAAN CANVA FOR EDUCATION
5. Lalu klik tulisan ajukan akun sekarang

6. Setelah itu akan muncul tampilan sebagai berikut
PEMANFAATAN AKUN BELAJAR.ID (Google Workspace for Education) UNTUK PENGGUNAAN CANVA FOR EDUCATION

7. Geser ke bawah silahkan isi seperti contoh di bawah ini
PEMANFAATAN AKUN BELAJAR.ID (Google Workspace for Education) UNTUK PENGGUNAAN CANVA FOR EDUCATION
PEMANFAATAN AKUN BELAJAR.ID (Google Workspace for Education) UNTUK PENGGUNAAN CANVA FOR EDUCATION

Setelah mengisi uraian tentang canva, lalu unggah SK CPNS/PNS/Yayasan. Berdasarkan pengalaman dari penulisan ada catatan yang harus diperhatikan yaitu:  Isian email pertama harus gmail dengan domain sch.id/akun belajar.id yang diberikan oleh google via operator Sekolah, SK CPNS/PNS/Yayasan.harus asli yang ada Tanda Tangan dan Capnya, terakhir file tersebut di scan jangan di foto. 

8. Setelah itu centang Saya telah membaca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan . * Lalu kirimkan dan tunggu di setujui antara 2-14 hari.

9. Ketika sudah disetujui maka kita akan mendapatkan email dari canva sebagai berikut:
PEMANFAATAN AKUN BELAJAR.ID (Google Workspace for Education) UNTUK PENGGUNAAN CANVA FOR EDUCATION


✔refrensi: Referensi: 
Canva untuk Pendidikan - Alat Bantu Desain Grafis Gratis untuk Sekolah   Surat Edaran Nomor 37 Tahun 2020 Tentang Akun Akses Layanan Pembelajaran Bagi Peserta Didik, Pendidik, Dan Tenaga Kependidikan 
 

Post a Comment for " PENGGUNAAN CANVA FOR EDUCATION UNTUK PEMANFAATAN AKUN BELAJAR.ID (Google Workspace for Education) "